Review jurnal seni rupa
Judul : Nilai Bimbingan Pada Seni Rupa Terapan Aceh (Analisis Semiotika Rumoh Aceh)
Objek kajian : Objek kajian pada jurnal ini adalah rumoh Aceh. Rumoh Aceh merupakan satu seni rupa terapan (applied art) masyarakat Aceh yang memiliki kegunaan praktis, estetis, dan etis. Rumoh Aceh merupakan objek seni rupa terapan yang sarat dengan nilai-nilai bimbingan (guidance of values) berbasis kearifan lokal (local wisdom) dalam kehidupan masyarakat Aceh. Nilai-nilai bimbingan yang terdapat pada rumoh Aceh, yaitu ramah lingkungan, mitigasi bencana, ketahanan keluarga, spiritualitas, dan guyub.
Pendekatan : Etnografi
Metode & analisis : Metode penelitian ini kualitatif-deskriftif dengan teknik analisis semiotika.
Teori : Teori kualitatif-deskriftif
Kesimpulan : Rumoh Aceh merupakan salah satu seni rupa terapan masyarakat Aceh yang memiliki kegunaan praktis, estetis, dan etis. Jadi, keberadaan rumoh Aceh disamping sebagai hunian secara praktis, juga bernilai estetis dan etis, sebagai perwujudan identitas diri, pandangan hidup, keyakinan dan kepercayaan masyarakat
Yang bisa diteliti dalam jurnal ini menurut saya : dalam jurnal tersebut saya bisa meneliti kesenian dari rumoh Aceh.
Judul : Teater sebagai Media Pendidikan
Objek kajian : Keterkaitan teater dengan dunia pendidikan, mengungkapkan tentang proses komunikasi seni teater sebagai media komunikasi pendidikan, menganalisis bagaimana nilai seni teater sebagai media pendidikan di sekolah bagi para pelakunya.
Pendekatan : kualitatif
Metode & analisis :
Teori : Menggunakan teori kualitatif dimana penulis pada jurnal tersebut ingin menunjukkan bahwa teater adalah media komunikasi pendidikan yang dapat diselenggarakan melalui jenjang pendidikan paling dini hingga pendidikan tinggi dan menjadi ruang pendidikan bagi masyarkat luas.
Kesimpulan : Kesimpulannya adalah teater harus dipahami sebagai sebuah institusi, media, dan bagian dari proses komunikasi dalam mengekplorasi pengetahuan, bertukar pengetahuan, dan memanfaatkan pengetahuan yang didapatkan.
Yang bisa diteliti dalam jurnal ini menurut saya : penelitian yang saya dapatkan pada jurnal tersebut adalah teater merupakan media dan bagian dari proses komunikasi dalam mengekplorasi pengetahuan, bertukar pengetahuan, dan memanfaatkan pengetahuan yang didapatkannya. Keahlian teater bagi guru dapat memberikan cara mendidik yang lebih berempati.
Judul : Interaksi Simbolik Dalam Tiga Lukisan Kaca Karya Haryadi Suadi
Objek kajian : Memahami aspek makna simbolik dari karya seni lukis Cirebon dengan karya Haryadi Suadi sebagai representasi. Hal yang unik pada seni lukis kaca adalah teknik pembuatan. Lukisan pada media kaca dibuat dengan teknik terbalik. Lukisan berada di bagian dalam kaca dan dibuat di bagian dalam tersebut, sehingga sang seniman harus senantiasa memerlukan kesadaran arah dan orientasi karena lukisan akan dilihat dari sisi kaca luar yang membuat unsur arah kiri kanan atau barat timur berubah. Teknik ini memiliki kesamaan dengan salah satu teknik dalam seni grafis dan Haryadi Suadi adalah juga seniman seni grafis.
Pendekatan : Semiotika dan analisis interpretasi
Analisis : Jurnal ini membahas tentang karya Seni Rupa karya Haryadi Suadi. Jurnal ini disampaikan melalui bahasa non-verbal, menggunakan elemen rupa (bahasa rupa), berupa gagasan, bidang, bentuk dan warna yang keseluruhannya mengandung makna formal dan simbolik.
Metode & Teori: Metode dan Teori yang digunakan adalah interaksi simbolik Herbert Blumer dengan metode kualitatif untuk menguraikan makna estetika simbolik tiga karya tersebut
Kesimpulan : Lukisan kaca khas Cirebon selain dikembangkan oleh seniman Cirebon dengan pendekatan konvensional juga dilakukan oleh seniman yang juga akademisi yaitu Haryadi Suadi. Karakteristik lukisan tersebut tetap menggambarkan karakter umum lukisan kaca Cirebon yang diwarnai budaya setempat seperti dunia pewayangan dan pengaruh agama Islam yang kuat.
Yang bisa diteliti dalam jurnal ini menurut saya : Penelitian yang saya dapatkan yaitu Haryadi Suadi merupakan seorang seniman asal Cirebon. Karya seninya cenderung mendeformasi bentuk dengan ekspresi lintas gagasan dan medium yang dituangkannya dengan permainan imajinasi warna dan garis.
Komentar
Posting Komentar